Dongeng Anak Indonesia "Katak yang Sombong"


      “Dongeng Anak Indonesia” – Ditengah padang rumput yang sangat luas terdapat sebuah kolam yang dihuni oleh berpuluh-puluh katak. Di antara katak-katak tersebut ada 1 anak katak yang bernama Sion, dia adalah anak katak yang paling besar & kuat. Karena kelebihannya itu, Si Sion menjadi sangat sombong. dia merasa kalau tidak ada anak katak lainnya yang dapat mengalahkannya.
dongeng anak indonesia, katak yang sombong

     Sebenarnya kakak Sion sering menasehati agar Sion tidak sombong pada teman-temannya. Tetapi nasehat kakaknya tidak pernah dihiraukan lagi. Hal ini menyebabkan teman-temannya mulai menjauhinya sehingga Sion tidak punya teman bermain lagi

     Pada suatu pagi, Sion berlatih melompat di padang rumput. Ketika itu juga ada seekor anak Sapi yang sedang bermain disitu. Sesekali anak Sapi itu mendekati ibunya untuk meminum susunya. Anak Sapi itu gembira sekali, dia berlari-lari sambil sesekali memakan rumput yang segar. Secara tidak sengaja lidah anak Sapi itu mengenai tubuh Sion.
“Huh, beraninya dia mengusikku”, kata Sion dengan marah sambil menjauhi anak Sapi. Sebenarnya anak Sapi tidak berniat mengganggunya. Kebetulan pergerakannnya sama dengan Sion sehingga menyebabkan Sion menjadi cemas dan melompat segera pergi untuk menyelamatkan diri.
Sambil terengah-engah Sion sampai di tepi kolam. Melihat Sion yang kecapaian, teman-temannya heran. “Hai Sion, mengapa kamu terengah-engah dan mukamu pucat sekali?”, tanya temannya. “Tidak apa-apa, aku hanya cemas. Lihatlah padang rumput itu. Aku tidak tau makhluk apa itu, tetapi makhluk itu sangat sombong. makhluk itu hendak menelan aku”, kata Sion.
     Kakaknya yang baru tiba disitu menjelaskan. “Makhluk itu anak Sapi. Sepengetahuan kakak, anak Sapi tidak jahat. Mereka biasa dilepaskan di padang rumput ini setiap hari”, kata kakaknya. “Tidak jahat? kenapa kakak bisa bilang seperti itu? saya hampir ditelannya tadi”, kata Sion. “Ah tidah mungkin. Sapi tidak makan katak atau ikan tetapi hanya makan rumput”, jelas kakaknya.
“Saya tidak percaya kak, tadi aku dikejarnya dan hampir ditendangnya”, kata Sion. “Wahai teman-teman, aku sebenarnya bisa melawannya dengan menggembungkan diriku”, kata Sion sombong. “lawan saja Sion! kamu pasti menang”, teriak teman-temannya.
“Sudahlah Sion, kamu tidak akan dapat menandingi Sapi itu. Perbuatanmu itu berbahaya, hentikan!”, kata kakak Sion berualng kali. Tetapi Sion tidak perduli nasehat kakaknya. Sion terus menggembungkan diri karena dorongan teman-temannya. Padahal sebenarnya teman-temannya ingin memberi pelajaran pada Sion yang selalu sombong.
     Akhirnya Sion mendatangi tempat anak sapi itu berada, dan anak sapi tanpa mengetahui kedatangan sion, dia tidak menghiraukannya dan tetap asyik dengan enaknya memakan rumput. Sionpun dengan kuatnya menggelembungkan diri seakan melawan anak sapi tersebut, setelah berlama-lama anak sapipun tetap tidak menghiraukan sion.
Karena terlalu lama Sion menggelembungkan diri  tiba-tiba jatuh lemas. Perutnya sakit dan perlahan-lahan dikempiskan kembali. Kakak dan teman-temannya menolong Sion yang lemas kesakitan. Akhirnya Sion malu dengan sikapnya yang sombong yang merugikan dirinya sendiri.
Demikian Dongeng Anak Indonesia  tentang Katak yang Sombong, Hikmah : Kesombongan hanya akan merugikan diri sendiri.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
Read Comments

0 komentar:

Posting Komentar